Translate

Rabu, 18 Desember 2013

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   : SMK AL-IMAN Jember, Jawa Timur
Mata Pelajaran                   : Kewirausahaan
Kelas/Semester                  : XI/1
Pertemuan                          : 1x (satu kali)
Alokasi waktu                    : 4x45 menit

Standar Kompetensi      : 1. Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
Kompetensi Dasar           : 1.1 Menganalisis Peluang Usaha
Indikator Pencapaian Kompetensi :
                                                1. Mendeskripsikan peluang dan resiko usaha.
                                                2. Menjelaskan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
                                                3. Mendeskripsikan pengembabngan ide dan peluang usaha.
                                                4. Membuat kesimpulan tentang kemungkinan keberhasilan dan kegagalan.
                                                5. Mengidentifikasi pemetaaan peluang usaha.
                                                6. Menerapkan pemanfaatan secara kreatif dan inovatif.
Tujuan Pembelajaran    :
a)      Siswa dapat mendeskripsikan peluang dan resiko usaha.
b)      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan.
c)       Siswa dapat mendeskripsikan pengembangan ide dan peluang usaha.
d)      Siswa dapat membuat kesimpulan dari kemungkinan keberhasilan dan kegagalan.
e)      Siswa dapat mengidentifikasi pemetaan peluang usaha.
f)       Siswa dapat memanfaatkan peluang secara kreatif dan inovatif.
Materi Pembelajaran    :
a)      Peluang dan resiko usaha
b)      Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
c)       Mengembangkan ide dan peluang usaha
d)      Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
e)      Memetakan peluang usaha
f)       Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
Metode Pembelajaran  :
1.       Ceramah
2.       Tanya jawab

3.       Diskusi kelompok

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
A.      Kegiatan Awal (60 menit)
1.       Guru mengucapkan salam pembuka.
2.       Guru memeriksa kehadiran, kebersihan dan kerapihan kelas.
3.       Guru Memberikan informasi tentang materi yang akan dipelajari.
4.   Guru mempersiapkan dan menayangkan video tentang peluang usaha dan video tentang perjalanan seorang pengusaha yang sudah sukses.
5.       Guru memberikan motivasi dan merubah pola piker siswa agar dapat memanfaatkan peluang usaha sesuai dengan lingkungan sekitar dan dengan bakatyang di miliki.
6.       Guru menyampaikan materi pembelajaran secara singkat.

B.      Kegiatan Inti (100 menit)
1.       Siswa dapat mendeskripsikan peluang usaha sesuai dengan kegiatan kewirausahaan.
2.       Siswa dikelompokan menjadi enam kelompok,dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang.
3.       Pada setiap kelompok di beri studi kasus tentang keberhasilan dan kegagalan usaha.
4.   Masing-masing kelompok diberikan kebebasan untuk mewawancarai pedagang disekitar lingkungan sekolah.
5.     Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil wawancaranya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapinya.
6.   Dengan bimbingan guru ,setiap kelompok membuat kesimpulan dari kelompok lain yang persentasi.
C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
1.       Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini serta mendorong agar siswa dapat selalu teliti dengan peluang-peluang usaha yang sesuai dengan kondisi lingkungan mereka.
2.       Guru memberikan penghargaan (misalnya ,pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3.       Guru memberikan salam penutup.

Sumber belajar dan alat        :
Buku teks kewirausahaan, in-focus, laptop dan spidol

Penilaian                                  :

Format Kriteria Penilaian
  • Produk (hasil diskusi)

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Benar
4
Hampir benar
3
Kurang benar
2
Salah
1

  • Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
Berpengetahuan
3
Kurang berpengetahuan
2
Tidak berpengetahuan
1
2.
Praktek
Aktif
3
Kurang aktif
2
Tidak aktif
1
3.
Sikap
Baik
3
Kurang baik
2
Tidak baik
1
  • Lembar Penilaian

No.
Nama Siswa
Performansi
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.







2.







3.







4.







5.
dst







Catatan :
  • Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
  • Untuk siswa yang tidak memenuhi KKM, maka akan diadakan remedial.
Desember 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan


(                       )                                                                                  (                                                     )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar