RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK AL-IMAN Jember, Jawa
Timur
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 1x (satu kali)
Alokasi waktu : 4x45 menit
Standar Kompetensi : 1.
Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
Kompetensi Dasar :
1.1 Menganalisis Peluang Usaha
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Mendeskripsikan peluang dan resiko usaha.
2.
Menjelaskan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
3.
Mendeskripsikan pengembabngan ide dan peluang usaha.
4.
Membuat kesimpulan tentang kemungkinan keberhasilan dan kegagalan.
5.
Mengidentifikasi pemetaaan peluang usaha.
6.
Menerapkan pemanfaatan secara kreatif dan inovatif.
Tujuan Pembelajaran :
a)
Siswa dapat mendeskripsikan peluang dan resiko
usaha.
b)
Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor
keberhasilan dan kegagalan.
c)
Siswa dapat mendeskripsikan pengembangan ide dan
peluang usaha.
d)
Siswa dapat membuat kesimpulan dari kemungkinan
keberhasilan dan kegagalan.
e)
Siswa dapat mengidentifikasi pemetaan peluang
usaha.
f)
Siswa dapat memanfaatkan peluang secara kreatif
dan inovatif.
Materi Pembelajaran :
a)
Peluang dan resiko usaha
b)
Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
c)
Mengembangkan ide dan peluang usaha
d)
Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan
kegagalan
e)
Memetakan peluang usaha
f)
Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
Metode Pembelajaran :
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi kelompok
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal (60 menit)
1.
Guru mengucapkan salam pembuka.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kebersihan dan
kerapihan kelas.
3.
Guru Memberikan informasi tentang materi yang
akan dipelajari.
4. Guru
mempersiapkan dan menayangkan video tentang peluang usaha dan video tentang
perjalanan seorang pengusaha yang sudah sukses.
5.
Guru
memberikan motivasi dan merubah pola piker siswa agar dapat memanfaatkan
peluang usaha sesuai dengan lingkungan sekitar dan dengan bakatyang di miliki.
6.
Guru
menyampaikan materi pembelajaran secara singkat.
B.
Kegiatan Inti (100 menit)
1.
Siswa
dapat mendeskripsikan peluang usaha sesuai dengan kegiatan kewirausahaan.
2.
Siswa
dikelompokan menjadi enam kelompok,dimana masing-masing kelompok terdiri dari
5-6 orang.
3.
Pada
setiap kelompok di beri studi kasus tentang keberhasilan dan kegagalan usaha.
4. Masing-masing
kelompok diberikan kebebasan untuk mewawancarai pedagang disekitar lingkungan
sekolah.
5. Masing-masing
kelompok mempersentasikan hasil wawancaranya di depan kelas, sedangkan kelompok
yang lain menanggapinya.
6. Dengan
bimbingan guru ,setiap kelompok membuat kesimpulan dari kelompok lain yang
persentasi.
C.
Kegiatan Akhir (20 menit)
1.
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini serta mendorong
agar siswa dapat selalu teliti dengan peluang-peluang usaha yang sesuai dengan kondisi
lingkungan mereka.
2.
Guru
memberikan penghargaan (misalnya ,pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3.
Guru
memberikan salam penutup.
Sumber belajar dan alat :
Buku teks kewirausahaan, in-focus, laptop dan
spidol
Penilaian :
Format Kriteria Penilaian
- Produk (hasil diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Benar
|
4
|
Hampir benar
|
3
|
||
Kurang benar
|
2
|
||
Salah
|
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
Berpengetahuan
|
3
|
Kurang berpengetahuan
|
2
|
||
Tidak berpengetahuan
|
1
|
||
2.
|
Praktek
|
Aktif
|
3
|
Kurang aktif
|
2
|
||
Tidak aktif
|
1
|
||
3.
|
Sikap
|
Baik
|
3
|
Kurang baik
|
2
|
||
Tidak baik
|
1
|
- Lembar Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
- Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
- Untuk siswa yang tidak memenuhi KKM, maka akan diadakan remedial.
Desember 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan
( ) ( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar